PetroChina Company Limited merupakan perusahaan (produsen) dan distributor minyak dan gas terbesar di China, dan memegang peranan penting dalam industri minyak dan gas di China. Tidak hanya di china, PetroChina juga merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia. PetroChina terbentuk sebagai “joint stock company” dengan pertanggungjawaban terbatas oleh China National Petroleum Corporation (CNPC) di bawah UU perusahaan tentang peraturan khusus pendaftaran dan penawaran saham oleh “joint stock company”, secara resmi PetroChina terbentuk pada 5 November 1999. Saat ini PetroChina Company Ltd dipimpin oleh Jiang Jiemin sebagai Chairman of the Board, Zhou Jiping sebagai Vice Chairman dan Presiden PetroChina Company Ltd dan dibantu oleh Liao Yongyuan sebagai Executive Director.
Latar belakang pendirian PetroChina karena kebijakan reformasi ekonomi China dan meningkatnya permintaan energi yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang mencapai 9,3% di dekade 90-an.

       Berikut ini adalah logo dari PetroChina Company Limited:

Gambar 4.1 Logo PetroChina
Sumber: http://www.petrochina.co.id

      The James A.Baker III Institute for Public Policy dalam penelitiannya tentang MNC China terutama National Oil Company (NOC) memberikan pemaparan alasan pendirian PetroChina oleh pemerintah China:
  1. Pemerintah China ingin memisahkan peran dan fungsi pemerintah dan perusahaan dan membongkar sistem monopoli hulu dan hilir dengan membentuk kompetisi antar perusahaan.
  2. Memperkenalkan ke industri migas China mengenai prinsip-prinsip sistem pasar dan mekanisme yang tercipta oleh sistem kompetisi antar perusahaan.
  3. Menciptakan perusahaan minyak internasional untuk bersaing di kompetisi global.
      CNPC merupakan satu-satunya sponsor dan pengendali saham-saham PetroChina. CNPC merupakan BUMN yang berdiri pada Juli 1998 dan merupakan group perusahaan minyak dan kimia terbesar di China. PetroChina sebagai perusahaan yang berada dalam group CNPC bergerak di berbagai kegiatan, seperti eksplorasi, pengembangan produksi atau research and design, penyulingan, transportasi dan pemasaran minyak dan gas. PetroChina International memiliki 9 cabang domestik dan 7 cabang di luar negeri, serta memiliki 78 tempat penyulingan dan produksi bahan kimia dari dan ke 43 negara. PetroChina beroperasi di 26 negara dengan memiliki karyawan sebesar 400.000 orang dan selama beroperasi PetroChina berhasil membangun tempat transit internasional antara lain di Minas, Basra (Irak) dan Oman untuk keperluan penyulingan minyak, gas dan industri pendukung. Keaktifan terlihat pula dalam perdagangan saham internasional dimana PetroChina memiliki saham di Hongkong, Shanghai dan New York.
      Semenjak pembentukkannya, PetroChina telah menerapkan dan meningkatkan standard pengelolaan perusahaan multinasional berdasarkan peraturan dan UU perusahaan. Komitmen perusahaan yang diterjemahkan dalam kebijakan utama PetroChina yaitu Energize, Harmonize, dan Realize. Berangkat dari komitmen PetroChina maka tujuan perusahaan adalah menjadi Multinational Corporation (MNC) energi yang terkemuka.


4.1.1 PetroChina di Indonesia
      Keberadaan PetroChina dimulai tahun 2002, saat PetroChina melakukan akuisisi terhadap Devon Energy di Indonesia dan melalui PetroChina International Indonesia Ltd secara resmi PetroChina hadir di industri pertambangan minyak dan gas di Indonesia. Setahun berikutnya PetroChina membeli 45% saham kepemilikan pada kapal-operator di ladang minyak Indonesia, dan tahun 2004 PetroChina memiliki 25% kepemilikan dan hak beroperasi di ladang minyak Sukowati. Saat ini PetroChina memiliki beberapa kilang minyak dan gas di Indonesia seperti di Jabung (Jambi), Papua dan Jawa Timur.
      Saat ini PetroChina International Indonesia Ltd dipimpin oleh We Zhigang sebagai President PetroChina Indonesia dan dibantu oleh empat Vice President (VP) yaitu Zhang Xuewen sebagai VP Operations, Lei Cheng sebagai VP business, B. Budi Setiadi sebagai VP Administration & Asset Manager dan Wei Qingjun sebagai VP Finance & Control. Mereka dibantu oleh tiga manager yaitu Liu Jianxin sebagai Asset Manager, Hendra Widjayanto sebagai General Manager dan Zhang Honglin sebagai Senior Project Manager.

4.1.2 PetroChina International Jabung
      PetroChina blok Jabung berada di provinsi Jambi dan berada di dua kabupaten, yaitu Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.
      Adapun kantor pusatnya pada saat ini terletak pada Jalan Sultan Syahrir no.43, Kecamatan Jambi Selatan. Sedangkan pabriknya terdiri dari dua plant, diantaranya:
  • Betara Gas Plant
Plant ini berada di Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara,  Tanjab Barat. Di plant yang berjarak 1,5 jam dari kota Jambi dan 1 jam kurang dari pusat kota Kualatungkal inilah di produksi gas.
  • North Geragai Fractionation Plant
Plant ini terletak di Desa Pandanjaya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Di plant inilah minyak hasil pengeboran PetroChina dikelola.

4.1.3 Visi Perusahaan
      PetroChina International Ltd bertujuan untuk menjaga keharmonisan antara ekstraksi energi dan lingkungan. Menciptakan harmoni dalam membangun hubungannya dengan mitra, karyawan dan pelanggan. Perusahaan ini juga memupuk keharmonisan dengan masyarakat yang hidup di daerah dimana perusahaan ini beroperasi. Perusahaan ini melakukan hal tersebut karena harmoni adalah akar dari pengembangan perusahaan yang baik. Bekerja dalam kemitraan untuk membangun masa depan yang lebih baik untuk semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM EKONOMI INDONESIA; Persaingan Terkendali

SEJARAH EKONOMI INDONESIA; cita-cita ekonomi meredeka